oleh

Masyarakat Baduy Tak Satupun Terpapar Virus Corona

Sudah satu tahun lebih Indonesia dilanda pandemi Covid-19, tapi hingga kini tak satupun masyarakat adat Baduy yang terpapar virus corona baru ini. Apa sih rahasianya?
Dibeberkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pamudji, faktor utama warga Baduy bisa nol kasus adalah karena mobilitas yang rendah. Sehingga bisa menangkal segala varian Covid-19 baik Alpha, Delta, maupun yang terbaru Kappa.

Baca Juga  BNPB Arahkan Petugas Posko Tentang Syarat Isoman Warga Terpapar Covid-19

Selain itu, lanjut Ati, warga Baduy juga terus menjaga mobilitas warga dari luar untuk meminimalkan potensi penularan virus corona.

Untuk itu, Ati berpesan agar warga Baduy tetap hati-hati. Jika lengah warga Baduy yang tidak divaksinasi menerima kunjungan masyarakat dari luar berpotensi terjadinya penularan.

“Tetap jaga mobilitas warga dari luar, kunci agar Baduy aman dari paparan Covid-19,” terang Ati, Kamis (8/7).

Baca Juga  Presiden Menyaksikan Vaksinasi COVID-19 Secara Langsung Untuk Para Seniman

Walau belum ada yang terpapar, Ati tetap akan melakukan sosialisasi dan edukasi agar warga Baduy memahami situasi saat ini.

“Jika kasus Covid-19 masuk ke Baduy, maka kita harus memaksakan mereka tervaksinasi,” ungkap Ati.

Ati juga memastikan bila ada warga Baduy yang keluar maka dilakukan tracing hingga melakukan rapid tes antigen agar tidak menularkan kepada yang lain.

Baca Juga  Pasar Saham Indonesia Kembali Kehilangan Momentum Untuk Bangkit Di Tengah Pandemi COVID-19

“Kita lakukan tracing, kalau habis kontak erat kita lakukan rapid antigen, dan belum ada satupun yang positif,” tandasnya. (*/cr2)

Sumber: nusantara.rmol.id

News Feed