oleh

Pemerintah Kota Samarinda Siap Menciptakan Wirausahawan Baru Di Setiap RT

Samarinda – Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, mulai tahun 2021 akan mencetak wirausahawan di setiap rukun tetangga (RT), dimulai dari industri rumahan terutama yang dijalankan kaum perempuan.

“Pencetakan wirausahawan baru dilakukan dengan memberikan pelatihan keterampilan terutama dari kaum perempuan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan,” ujar Asisten I Pemkot Samarinda Tejo Sutanoto di Samarinda, Rabu.

Baca Juga  Gandeng SMSI dan PWI, PUB Latih Kadernya di JBS

Sebelumnya, saat Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kaltim menggelar advokasi untuk memperkecil kesenjangan perempuan di Samarinda, Tejo menyatakan Pemkot Samarinda pun berkomitmen ke arah itu.

Sebagai langkah optimalisasi pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi, maka perlu strategi dan kebijakan meliputi perluasan kesempatan, pemberdayaan masyarakat, peningkatan kapasitas dan perlindungan sosial.

Pada dasarnya kebijakan ekonomi, sosial budaya, dan politik tidak bisa dipisahkan, maka pengembangan program pemberdayaan perempuan harus konsisten dengan kebijakan-kebijakan di tingkat makro.

Baca Juga  Ajak ASN Daerah, Kemendagri Pastikan Pelayanan Masyarakat Terdampak Gempa Sulbar Tetap Berjalan

“Konsistensi perlu menjadi perhatian karena dengan mengacu pada kebijakan makro operasional, maka kebijakan mikro strategis akan mampu mendukung program-program sektoral,” ucap Tejo.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah pendampingan kepada lembaga penyedia layanan pemberdayaan perempuan, hal ini pun sejalan dengan program unggulan Pemkot Samarinda yakni, Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Pro-Bebaya).

Baca Juga  Presiden Jokowi Akan Berikan Insentif Sebagai Modal Produksi pada Industri Perfilman Nasional

“Dalam program ini, pemberdayaan masyarakat diarahkan untuk penciptaan wirausahawan baru minimal 2-3 orang per RT, yakni melalui berbagai pelatihan keterampilan sesuai dengan minat dan sesuai dengan kebutuhan terkini,” ujar Tejo.

(*/cr3)

Sumber: antaranews.com

News Feed